Fenomena Ayam Kampung “Super”

Judul Fenomena Ayam Kampung “Super”
Nama Penulis
Tanggal Publish
Kategori Ayam Arab, Ayam Kampung Jawa, Serba Serbi

FENOMENA AYAM KAMPUNG “SUPER”………..

Fenomena ayam kampung super ‘menghentak’ wacana usaha peternakan unggas lokal khususnya ayam kampung, dalam kurun waktu 1~2 tahun terakhir ini. Super yang benar benar SUPER, atau Super yang tidak super, atau super sebagai ‘jebakan’ strategi pemasaran..

Kata SUPER menunjukan : ke-hebat-an, ke-lebih-an, ke-perkasa-an, ke-luarbiasa-an, ke-unggul-an, ke-besar-an, ke-agung-an dll. Ayam kampung super disini diasumsikan menunjukan bahwa ayam kampung yang pertumbuhan cepat besar, efisien, konversi pakan rendah dll (dan yang penting diterima pasar).

Permintaan daging (hidup ato karkas) ayam kampung asli siap konsumsi (panen) dari tahun ke tahun semakin meningkat di hampir seluruh pelosok daerah indonesia. Hal ini dipicu oleh pendapatan masyarakat yg membaik, kesadaran gizi yang semakin meningkat, juga karena rasa daging (taste) ayam kampung asli yang lebih gurih lebih disukai (dari pada ayam broiler), atau mungkin laju pemotongan ayam kampung yg melebihi dari pertumbuhan kelahiran ayam kampung.

Secara umum ayam kampung asli memang hidup secara ‘sampingan’ dilepas di sekitar rumah (backyard farming), dengan pakan seadanya mencari disekitar rumah, berkembang biak juga secara alamiah. Intinya ayam kampung asli dipelihara secara tradisional dengan tujuan memenuhi gizi keluarga dan sebagai penghasilan tambahan. Memang ayam kampung asli punya kelemahan yaitu produktivitas telur (untuk kelangsungan generasi berikutnya) sangat rendah pada kisaran 20~25% saja.

Secara alamiah memang ayam kampung asli PASTI produksi telur rendah karena secara teoritis dan teknis memang ayam kampung asli tidak menunjukan ciri ciri produktivitas yaitu ayam kampung asli ‘Jengger & Pial’ hanya KECIL atau hampir tidak punya. Padahal jengger & pial ini sebagai tempat deposit menyimpan hormon produksi telur (estrogen), semakin besar jengger & pial dan juga semakin warna merah maka produktivitas telur akan semakin tinggi.

Karena sifat produktivitas telur yang rendah maka ayam kampung asli sulit dilakukan pembibitan secara komersiil, karena secara hitungan antara biaya operational (pakan dll) dengan produksi telur tetas (doc dihasilkan) dan bila dikonversikan dengan harga jual doc tidak sesuai. Ketersediaan bibit doc ayam kampung asli saat ini hampir semuanya dipenuhi secara alamiah, telur tetas didapatkan dikoleksi dari rumah ke rumah ( di kampung2), ditetaskan, dan dijual ke konsumen peternak.

Ciri khas lain dari ayam kampung asli adalah kaki ukuran panjang jenjang, leher panjang, bulu tipis (sedikit bulu), warna bulu ber-aneka ragam. Sifat pertumbuhan juga agak lambat dengan perkiraan berat 1 kg pada jenis kelamin jantan dicapai pada umur 75~80 hari, sedang pada jenis kelamin betina dicapai pada umur 90 hari. (Dengan catatan kualitas pakan bagus dengan protein 19%).

Hampir keseluruhan peternak ayam kampung di seluruh penjuru indonesia DAHAGA akan tersedianya bibit ayam kampung (doc) yang secara  teknis berkualitas ‘UNGGUL’, dalam arti yang benar benar mempunyai keunggulan dalam pertumbuhan cepat, umur panen pendek, efisien, konversi pakan rendah, penampilan yang tetap kampung, pada saat panen terserap diterima pasar / konsumen, serta jumlah bibit doc tersedia cukup banyak dan mudah didapat.

Karena ‘gap’ permintaan yang sedemikian besar itulah maka menarik beberapa orang peternak untuk berinovasi sebagai pembibit dengan menciptakan ‘ayam kampung bibit unggul’. Ada pembibit yang menyilangkan antara ayam kampung arab betina VS ayam jantan kampung asli. Ada pembibit yang menyilangkan ayam kampung betina VS ayam broiler jantan. Ada ayam Ras petelur VS ayam kedu dll.

Tapi hampir kebanyakan pembibit melakukan persilangan antara AYAM PETELUR RAS jenis betina VS Jantan AYAM KAMPUNG / AYAM BANGKOK, ada perkawinan dilakukan secara kawin alamiah, tetapi kebanyakan dengan kawin suntik. Pemilihan indukan dari AYAM PETELUR RAS ini dengan pertimbangan produktivitas telur tinggi, sehingga pembibit secara komersiil mendapatkan jumlah doc yang banyak, sehingga secara komersiil menguntungkan.

Setelah menjadi bibit (doc) oleh pembibit dijual secara komersiil ke peternak dengan jenis tetap disebut ayam kampung, bahkan yang lebih heboh semua memberi label embel-embel SUPER, sehingga secara fenomental disebut AYAM KAMPUNG SUPER. Dengan label SUPER tentu ayam ini diasumsikan ‘ini ayam kampung dengan pertumbuhan sangat cepat & efisien’.

Ayam kampung super ini oleh para pembibit dipasarkan via Internet (website), via Iklan Majalah / Tabloid dll. Hebat seluruh dunia usaha ayam kampung heboh dengan penomena ayam kampung super ini, semua peternak ayam kampung asli berbondong bondong mencoba dan beralih pindah ke ayam kampung super ini. Para pembibit ayam kampung super kuwalahan memenuhi permintaan bibit doc, dan tentunya para pembibit mendapatkan keuntungan yang banyak.

Setelah ayam kampung super beredar 1~2 tahun ini mulai terjadi suara keluhan keluhan sumbang dari para peternak. ANTI KLIMAK. Hampir semua mengeluh rugi. Rugi karena disebabkan ayam kampung super siap panen sulit dijual, tidak diterima pasar, bakul bandar ayam tidak mau ambil, bakul bandar tidak mau ambil karena alasan konsumen pembeli tidak mau karena alasan INI BUKAN AYAM KAMPUNG. Lho kalau begitu dimana label SUPER’nya?.

Secara keseluruhan keluhan tersebut (dari payakumbuh, palembang, lampung, tasikmalaya, ciamis, banjarmasin, sidrap, ujung pandang, lokal jawa dll) semua seragam dengan keluhan : ‘ternyata pertumbuhan biasa biasa aja malah boros pakan, kelihatan gemuk karena bulunya tebal seperti ayam horn’; ‘ayam kampung kok cengger & pial-nya besar begini seperti ayam ras petelur’; ‘kaki & leher-nya kok pendek’; ‘bakul / bandar ayam tidak mau ambil yg dicari ayam kampung asli’ dll msih banyak lagi keluhan.

Lha dimana SUPER-nya? Jangan-jangan label SUPER hanya dipakai pembibit untuk menarik peternak agar membeli bibit (doc) ayam kampung super. Stategi pemasaran yang bagus dan jitu karena ajakan yang kreatip, inovatip dan superioritas produk, tetapi juga strategi yang sangat SALAH. Sebab ‘kenyataan yang akan membuktikan, waktu yang akan menentukan’, kalau pakai label SUPER ya harus betul-betul menunjukan ke-SUPER-an dari ayam kampung tersebut.

Ke-SUPER-an tentunya harus didasari oleh penelitian (research) yang teruji oleh para ahli dibidangnya. Sampai hari ini para ahli / pakar (profesor, doktor) di PT, Balitnak, BPTU dll belum ada yang (mampu) membuat dan menciptakan ayam kampung dengan ke-SUPER-an, keunggulanya yang dipasarkan secara komersill.

Kalau ditelaah secara teoritis, ayam kampung super ini adalah hasil perkawinan silang (kawin suntik) antara BETINA AYAM RAS PETELUR vs Sperma JANTAN AYAM KAMPUNG / BANGKOK. Secara sederhana hasil persilangan ini secara genetik akan membawa gen keturunan dari induk (jantan / betina) pada kisaran 50% masing-masing.

Itupun sebaran gen tidak merata, tetapi dengan deviasi sekitar 25% (jadi sebaran genetik pada 25 ~ 75%), dalam arti pada keturunan menyebar gen ada yang hampir seperti induk betina, dan juga ada yang hampir seperti induk jantan. Karena induk betina ayam ras petelur maka ya pasti ciri khas ayam ras petelur menurun muncul di anaknya, yaitu jengger & pial besar, bulu tebal, kaki & leher pendek. Juga ayam ras petelur secara genetik pertumbuhan lambat, maka secara keturunan juga akan ikut lambat.

Jadi kalau begitu dimana SUPER-nya. Secara nyata pemberian label SUPER pada ayam kampung super ini tidak lebih hanya sebuah jebakan strategi pemasaran agar para peternak ayam kampung asli (yang kesulitan supplai bibit) mau beralih memakai bibit (doc) ayam kampung super. Alih-alih membuat peternak ayam kampung sukses tapi malah merugikan secara langsung.

Jadi pada akhirnya bagaimana? Waktu yang akan menbuktikan dan menentukan. Dan sebagian besar peternak ayam kampung sudah balik kucing ke usaha ayam kampung asli dan memang yang dicari konsumen bakul bandar adalah ayam kampung asli.

Jadi? Saya teringat, saya punya banyak teman di pulau dewata BALI, disana teman-teman saya banyak yang bernama GEDE, tetapi temen-teman saya yang bernama GEDE tersebut ternyata tidak semuanya punya badan tinggi besar, tetapi yang pendek kecil juga banyak. Jadi ya sekedar nama ja ‘apa arti sebuah nama’.

Met sukses! Bravo ayam kampung asli Indonesia!

Tagged with


DMCA.com SEMUA PENGUNAAN IMAGES / GAMBAR / CONTENT DI HALAMAN INI / HALAMAN TERKAIT, HARUS MENDAPATKAN IJIN DARI CV. KUDA HITAM PERKASA
Jika Anda menyukai Artikel di website ini, Silahkan berlangganan gratis via email dengan cara klik pada LINK INI "Berlanganan Artikel Terbaru", dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di website Cv Kuda Hitam Perkasa

Kata Kunci:

kawin silang pelung dan bangkok, rumus perkawinan silang, bangkok silang pelung, kawin silang ayam dan bebek, ayam bangkok silang ayam kampung, persilangan ayam arab dengan kapung, membuat joper dengan silangan ayam pelung dan ayam kampung, silangan bangkok dan pelung, Birma silang ayam jawa bisa di adu kah, hasil kawin silang ayam, ayam kampung silang bangkok, persilangan bangkok dan pelung, ayam bangkok kawin silang ayam kampung, bagaimana kualitas ayam bangkok hasil perkawinan dengan ayam kampung, betina ayam kampung dikawinkan jantan bangkok, kawin silang pelung dan ayam kampung, kuda kaw, kawin silang bangkok pelung, persilangan ayam bangkok dan ayam jawa, kawin silang ayam kate dan pilipin, persilangan antara ayam kampung dengan ayam bangkok, Ayam sentul vs joper mana yang lebih unggul, persilangan joper dengan joper, Nama ayam hasil perkawinan antara ayam jantan petelur dan ayam betina kampung, hasil silang betina sayur dengan jantan jawa, apakah ayam pilipin persilangan dari sperma elang, fenomena aysm joper cv kuda hitam, mana yang lebih besar ayam siam atau ayam kedu, Mata ayam birma x bangkok ada hitamnya kayak ayam kampung silangan, kuda kawinan, membuat ayam belasteran kampung dan bangkok, layer ayam bangkok, mencetak entok supet, mengawin ayam kampun super, perkawinan silang antara ayam pedaging jantan dan ayampetelur betina, perkawinan ayam bangkong jantan dan pelung betina, perkawinan ayam bangkok betina dengan ayam jantan kampung, Perbedaan ayam bk dengan ayam kampung super, kawin silang ayam bangkok dengan ayam potong, perbedaan ayam babon birma dan babon arab, pelung vs bangkok, pelung kawin dengan ayam ras, pakan anak ayam kampung blasteran bangkok, pacek bangkok babon kampung, persilangan ayam pelung dan potong, metode kawin silang pada ayam, menyilangkan babon ayam jawa sama jago bangkok sama dengan hasil gimana ya, mengawinkan silang ayam bangkok dan pelung, menyilangkan gen ayam buras, kualitas persilangan ayam bangkok dan jawa, kawin silang ayam pedaging dan bangkok, kawin silang ayam negri dan bangkok, kawin kalkun sama ayam kampung, kawin silang ayam menjadi besar, Kawin silang ayam kampung dengan ayam aduan, kawin silang ayam broiler dan horn, kawin silang ayam bangkok dgn ayam siam/, Kawin silang ayam bangkok dengan siam, kawin silang ayam bangkok dengan babon birma, kawin silang ayam bangkok dengan ayam kampung untuk di adu, kawin silang ayam bangkok dengan arab, kawin silang ayam bangkok dan pelung, kawin silang ayam bangkok dan buras, kawin silang ayam bangkok dan broiler, kawin silang ayam bangkok dan boiler, kawin silang ayam bangkok dan ayam kampung, kawin silang ayam pelung dan kampung, kawin silang ayam pelung dengan ayam kampung, kawin silang ayam petelur ama ayam jantan bangkok, kualitas perkawinan ayam kampung dengan ayam siam, Kualitas ayam pakoy kawin silang ayam kampung, kualitas ayam kampung adu, kelemahan ayam arab saad di adu, kawinbetinakampungjagobangkok, kawinan bangkok dan ayam kampung, Kawinan ayam bangkok dan kampung, Kawinan ayam bangkok dan ayam kampung, Kawin silang jantan pelung vs betina kedu, kawin silang bangkok dengan ayam kampung, kawin silang bangkok dan pelung, kawin silang ayam telor dan bangkok, kawin silang ayam sentul dan bangkok, kawin silang ayam ras petelur denganayam potong, kawin silang ayam ras petelur dengan ayam pelung, kawin silang ayam pilipin dan bangkok, kawin silang antara bangkok biang bangkok dan ayam kampung apakah hasilnya bagus, x ayam besar, silangan bangkok ayam kampung paling bagus, silangan babon bk dengan ayam kampung, silangan ayam sentul dan bangkok, silangan ayam petelur dgn bangkok, silangan ayam pelung dengan ayam jawa, Silangan ayam kampung sama ayam bangkok, silangan ayam kampung dengan boiler, silangan ayam bk dengAn ayam kampung, Silangan ayam birma betina dengan ayam kampung jantan, silangan ayam betet kampung, silangan ayam bangkok dan broiler betina, silangan ayam bangkok babon jawa, silangan ayam bangkok & cemani



Klik Untuk Hubungi Kami
Melalui Email

Klik Untuk Hubungi Kami
Secara Online

15 Artikel Terbaru

VAKSIN FLU BURUNG KHUSUS ITIK / BEBEK & UNGGAS AIR
VAKSIN FLU BURUNG KHUSUS ITIK / BEBEK & UNGGAS AIR
Untuk REKANAN

Untuk para Rekanan Proyek / Pemerintah / Dinas, silahkan anda membaca artikel berikut ini: CV Kuda Hitam Perkasa – Partner para REKANAN PROYEK PEMERINTAH

Bila diperlukan, Cv. Kuda Hitam Perkasa, dapat mengirimkan dokument pelengkap (SIUP, NPWP, TDk, Jaminan Supply)

Contact Person
Nama:    Ir. Ardi Wisuku As
No HP:    081-2340-4288 /
  081-3593-84413
No Tlp:    (0354) 681781
Alamat:    JL. IR.H. SOETAMI NO 22,
  KEDIRI, 64124,
  Jawa Timur, INDONESIA
Email:    Klik Utk Kirim Email
Klik Untuk Hubungi Kami
Secara Online
Protector
DMCA.com