INSPIRASI USAHA : BURUNG DARA

Judul INSPIRASI USAHA : BURUNG DARA
Nama Penulis
Tanggal Publish
Kategori Peluang Usaha

INSPIRASI USAHA :

BURUNG DARA YANG SEMAKIN LANGKA…

Sabtu malam minggu kemarin (03/11), saya dan anak laki2 terkecil saya (Bima Lazuardi Wiraatmaja) ingin sekali makan diluar dengan menu lauk BURUNG DARA GORENG, saya ajak istri dan anak saya untuk makan ke warung kaki lima, biasanya ada sedia (persepsi saya ada karena di spanduk warung biasanya ada gambarnya).

Ramai2 habis maghrib menyelusuri jalan jalan di kota Kediri tercinta untuk mencari warung kaki lima yang sedia menu Burung Dara Goreng. Sudah 4 (empat) warung kami berhenti dan bertanya, hasilnya NIHIL burung dara tidak ada. Pada akhirnya karena dah muter2 tidak dapat kami berhenti dan makan bebek goreng di warung kaki lima yang ke 5 yang kami pilih.

Bakul warung ke 5, saya tanya menu burung dara, lalu cerita “KOSONG”, katanya sudah lama tidak jualan, banyak yang tanya tetapi tidak ada burung dara. Tidak ada bakul yang mensuplai daging burung dara. Instink wirausaha saya langsung “Ngeh”… Kok tidak ada padahal banyak yang suka dan membutuhkan… Apa karena tidak ada yang beternak? Ada yang beternak tetapi sambilan (umumnya)? Atau laju konsumsi (pemotongan) melebihi kelahiran? Bisa bisa suatu saat burung dara menjadi barang langka atau bahkan punah….

Kenapa orang tidak mau beternak burung dara?

Setelah pulang sampai dirumah, pikiran saya terus jalan kenapa orang tidak mau beternak burung dara secara sungguh sungguh sebagai sumber penghasilan ya.. Padahal beternak burung dara sangat mudah sekali.. Daya produksi tinggi.. Cluth (jarak menetas ~ sapih ~ menetas lagi) pendek sekali cuma 45 hari (satu tahun 8 kali menetas / panen).. Beranak selalu 2 (dua) ekor.. Pakan Cuma biji2an seperti jagung, kacang2an dll.. Kandang sederhana skali…

Esuk harinya saya menelpon bakul burung dara bertanya berapa harga burung dara umur 3~4 minggu, dijawab harga bisa @ Rp.7.000,- ~ Rp.8.000,- / ekor. Berarti 1 pasang induk menghasilkan anak : satu pasang seharga Rp.15.000,- dan dalam 1 tahun menghasilkan panen 8 kali seharga : Rp.15.000,- x 8 panen = Rp.120.000,- Menurut saya harga ini sangat bagus menguntungkan.

Biaya pakan? (ini gambaran kasar ja) : per ekor habis : 25 gram / hari jagung. Hitunganya : sepasang induk : 2 ekor x 25 gram = 50 gram x Rp.2.000,- = Rp.100,- / hari. Dalam 1 (satu) tahun sepasang induk habis biaya pakan jagung : Rp.100,- x 365 hari = Rp.36.500,-

Lho? Tiap tahun sepasang induk burung dara mengahasilkan produktivitas pendapatan : Rp. 120.000,-. Biaya produksi pakan sepasang induk : Rp.36.500,-. Jadi dari sepasang burung dara ada laba : Rp.120.000,- – Rp.36.500,- = Rp.83.500,- / per tahun. Laba ini sangat besar sekali. Coba kalau anda punya 1.000 ekor induk? Laba anda bisa mencapai Rp.83.500.000,- / tahun, sangat sangat cukup menambah penghasilan.

Imagine dan analisis saya terus berjalan :

a). Beternak burung dara ini cocok ditanah atau daerah mana? Juga

b). Bagaimana bentuk rumah / sarang burung dara (pagupon) yang ideal bagi burung dara?

c).  Bagaimana teknis budidayanya?

Saya berimaginasi dan analisis sebagai berikut :

a). Beternak burung dara bisa dilakukan dimana saja, cocok ditanah manapun kalau bisa di daerah yang agak jauh dari perkampungan / perumahan agar tidak dianggap mengganggu. Atau mungkin di daerah perbukitan / gunung. Area tanah harus cukup luas untuk mengantisipasi perkembangan usaha. Diusahakan dilakukan di daerah2 yang biji2an seperti jagung dll harga murah maksimal Rp.2.000,- / kg.

b). Saya ber-imagine. Pemeliharaan burung dara secara intensip, punya induk minimal 1.000 pasang. Trus bentuk dan bahan sarang / rumah / pagupon burung dara yang cocok pas seperti apa? Saya punya inspirasi : bentuk yang sangat pas cocok adalah seperti MENARA MASJID. Lebar 6 meter dan tinggi 20 meter, terletak ditengah sawah tegalan, dengan pagar keliling.

Bentuk pagupon seperti MENARA MASJID, terbuat dari rangka besi beton 5 mm, kemudian tembok terbuat dari tanah liat campur semen. Pada dinding menara (yang mengerucut dengan kemiringan dinding 15%) ditanam “ratusan” gerabah kecil ukuran 20~25 cm (orang jawa bilang : kwali, pundi, jun) yang berjajar jajar dengan posisi mulut gerabah agak menunduk sebagai rumah indukan burung dara.

Pada dinding menara juga diberi besi seperti anak tangga dengan tujuan dipakai untuk memanjat naik waktu panen anak burung dara. Perhitungan saya, setiap menara pagupon ukuran diameter 6 m dan tinggi 20 meter akan mampu menampung sebanyak 500 pagupon.

c). Tanah pekarangan dipagari keliling dengan tinggi setidaknya 2 (dua) meter, bahan bisa dari bambu, seng atau tembok. Didalam lokasi peternakan selain ada MENARA PAGUPON, juga dibuatkan

1.  LANTAI PLESTER ukuran 20 m x 20 m, sebagai tempat memberi pakan burung dara dengan cara jagung ditebar dilantai plester.

2. Dibuatkan BAK AIR BERSIH, ukuran 1 m x 20 m x dalam 50 cm, sebagai sumber air minum, sekaligus pemberian vitamin / obat2an.

3. Dibuatkan tengeran (seperti jemuran baju) terbuat dari kayu / bambu secukupnya, sebagai tempat burung dara istirahat, berjemur, kawin dll.

4. Gudang tempat menyimpan pakan, peralatan, mesin diesel pompa air minum, penerangan listrik bila ada.

5. Pemberian pakan jagung dilakukan sehari 2 (dua) kali, pagi jam 07.00 dan siang jam 13.00. jumlah pemberian : 25 gram / ekor / hari.

6. Program vaksinasi ND/IB dan ND/AI dilakukan pada indukan agar terbebas dari virus ND (telo) dan AI (flu burung) setiap 3 bulan diulang. Dan pemberian vitamin dan asam amino rutine pada setiap bulan ganjil : januari, maret, mei dst (pada setiap tanggal 1 ~ 7). Pemberian antibiotik secara rutine pada setiap bulan genap : pebruari, april, juni dst (pada setiap tanggal 1 ~ 7).

Sangat mudah sekali, budidaya mudah, pasar tersedia sangat banyak, dicari dimana mana. Saya akan mendukung apabila anda anda mau dan berani mencoba. Untuk kemajuan perlu perubahan dan perbedaan. Usaha tidak harus sama, tetapi perlu beda, inovatip dan kreatip.

Merpati tidak pernah ingkar janji! (Selamat mencoba!).

Tagged with


DMCA.com SEMUA PENGUNAAN IMAGES / GAMBAR / CONTENT DI HALAMAN INI / HALAMAN TERKAIT, HARUS MENDAPATKAN IJIN DARI CV. KUDA HITAM PERKASA
Jika Anda menyukai Artikel di website ini, Silahkan berlangganan gratis via email dengan cara klik pada LINK INI "Berlanganan Artikel Terbaru", dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di website Cv Kuda Hitam Perkasa

Kata Kunci:

cara ternak burung dara potong, ternak burung dara, harga burung merpati sepasang, bisnis jual burung dara, ternak merpati potong, bisnis burung dara, usaha burung dara, sarang burung dara, https://kudahitamperkasa co id/post/inspirasi-usaha-burung-dara html, budidaya burung dara, merpati pedaging, ternak burung dara pedaging, ternak burung merpati, ternak merpati konsumsi, pagupon burung dara, budidaya burung dara pedaging, penjual burung dara, budidaya merpati potong, ternak merpati, budidaya burung merpati, Usaha ternak burung dara, harga burung dara sepasang, harga burung dara, harga burung dara potong, ternak merpati pedaging, merpati potong, analisa ternak merpati potong, usaha ternak merpati, burung dara, usaha burung merpati, Analisa ternak burung dara, bisnis merpati, ternak burung dara konsumsi, makalah ternak burung dara, cara membuat pagupon sederhana, burung dara pedaging, harga burung dara 1 pasang, harga burung dara pedaging, cara beternak merpati potong, kalkulasi 100 burung dara dengan pakan nya, Kalkulasi Ternak merpati, ternak dara, jual merpati potong, budi daya burung dara, peternak merpati potong, juaL burung dara pedaging, usaha ternak merpati pedaging, analisa ternak merpati, ternak merpati daging, Cara ternak merpati, jual merpati pedaging, prospek ternak burung dara, harga sepasang merpati, keuntungan ternak merpati potong, artikel cara memelihara burung dara, analisa budidaya merpati potong, perhitungan rugi laba burung dara, video ternak mer, harga beternak burung dara, jual daging burung dara, laba memelihara merpati potong, cara ternak merpati potong, beternak merpati pedaging, Peternakan merpati, bibit merpati pedaging, Makanan burung dara pedaging, bisnis ternak burung dara, prospek ternak merpati, cara mnghitung laba ternak dara, Pagupon burung dara dari bambu, kalkulasi mengenai budidaya merpati, pakan untuk merpati pedaging, cari bibit merpati potong, pesan daging burung dara, peternak burung merpati, cara buat kandang ternak merpati pedaging, takaran makanan merpati potong, semua tentang burung dara, harga burung merpati sejodoh, ternak burung dara potong, analisis burung merpati, kalkulasi biaya ternak merpati, jual burung merpati dara pedaging, apa untung ternak merpati potong, berternak dara yang menguntungkan, harga sepasang burung dara, kandang merpati pedaging, kandang ternak merpati, lihat cara ternak merpati jumbo, keuntungan ternak merpati, ternak doro, budidaya burung merpati potong, budidaya merpati daging, budidaya dara pedaging, analisa beternak merpati potong, budidaya merpati pedaging, Jual merpati daging, kandangmerpatipotong, pdmasaran burunv darah potong, kategori umur burung dara

Klik Untuk Hubungi Kami
Secara Email

Klik Untuk Hubungi Kami
Secara Online

Berlangganan Artikel Terbaru

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan di website ini dan menerima pemberitahuan ketika ada Artikel terbaru melalui email anda

Join 264 other subscribers

VAKSIN FLU BURUNG KHUSUS ITIK / BEBEK & UNGGAS AIR
VAKSIN FLU BURUNG KHUSUS ITIK / BEBEK & UNGGAS AIR
Untuk REKANAN

Untuk para Rekanan Proyek / Pemerintah / Dinas, silahkan anda membaca artikel berikut ini: CV Kuda Hitam Perkasa – Partner para REKANAN PROYEK PEMERINTAH

Bila diperlukan, Cv. Kuda Hitam Perkasa, dapat mengirimkan dokument pelengkap (SIUP, NPWP, TDk, Jaminan Supply)

Contact Person
Nama:    Ir. Ardi Wisuku As
No HP:    081-2340-4288 /
  081-3593-84413
No Tlp:    (0354) 681781
Alamat:    JL. IR.H. SOETAMI NO 22,
  KEDIRI, 64124,
  Jawa Timur, INDONESIA
Email:    Klik Utk Kirim Email
Klik Untuk Hubungi Kami
Secara Online
Protector
DMCA.com