counter

Artikel 4 : Domestikasi & Komersialisasi Usaha Bebek – Tentang Road Map (Peta Jalan) Dunia Perbebekan

Ir Ardi Wisuku As

Ir Ardi Wisuku As

#info
Semangat pagi REPUBLIK BEBEK tercinta… smoga anda semua selalu semangat, kuat dan bisa menjadi pengusaha yg tangguh… amiin yra. Melanjutkan….

Artikel 4 : Domestikasi & Komersialisasi Usaha Bebek (Bag 1 dari 2 bag).
Proses ini jadi beberapa bagian sbb :

Proses Domestikasi :
□ Bebek adalah unggas air lokal asli Indonesia. Asal usul dari bebek liar (duck viliardz) yg hidup asal muasalx di rawa2 di jawa dan kalimantan. Sdh lama bebek liar ini ada di indonesia, skitar 350 – 400 tahun yg lalu sdh ada.
□□ Proses evolusi. Melalui proses evolusi (perubahan zaman) bebek liar ini ber-evolusi (mengalami perubahan2) phisik, karakter, kehidupan dll, mengikuti perkembangan zaman. Hidup berkelompok di daerah berair seperti rawa rawa, danau, sungai dll.
□□□ Proses Adaptasi. Dgn perkembangan zaman dan perkembangan manusia maka terjadi perpindahan populasi bebek menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Setelah dibawa manusia ke tempat baru ini bebek beradaptasi menyesuaikan diri dengan lingkunganx. Krn proses adaptasi ini lambat laun yg semula hanya ada bebek liar berubah menjadi bebek lokal. Bebek lokal dalam satu ras / suku / jenis ini menyebar di berbagai tempat, beradaptasi menyesuaikan dgn tuntutan hidup (seperti teori Darwin) menjadi sub jenis lokal : mojosari, pati, solo, magelang, tegal, cirebon dll. Mrk sebetulx 1 ras lokal, tpi krn beradaptasi dgn lingkungan baru selama puluhan tahun menjadi sedikit berbeda dalam bentuk phisik (model tubuh, warna bulu dll).
□□□□ Suku Ras berbeda kita punya yaitu Alabio yg hidup di daerah rawa2 di Kab Hulu Sungai Utara & Selatan KalSel.

Pada proses adaptasi inilah campur tangan manusia mulai masuk dalam kehidupan bebek. Sekitar tahun 40 – 50an, bebek msih dipelihara hanya sekedar klaim kapling kepemilikan, meski hidupx tetap liar berkelompok di rawa2. Dalam proses adaptasi ini manusia memperoleh asas manfaat berupa daging itik (sama spt burung dll).

Dalam proses hidup liar ini selain asas manfaat daging, manusia sedikit mendapat asas manfaat tambahan berupa telur. Bebek berkembang biak secara alamiah, dengan asupan pakan yg mereka dapat dari rawa2 tersebut.

Karena populasi semakin banyak maka bebek liar ini berusaha mencari pakan kewilayah sekitarx terutama ke hulu sungai, di hulu sungai ini mereka bebek bertemu dengan peradapan manusia yg mulai bercocok tanam di sawah… di daerah sawah inilah bebek2 mendapatkan pakan berlimpah berupa sisa2 panen, dan juga sampinganx binatang kecil yg hidup di dalam tanah persawahan berupa cacing, keong, ikan kecil, belalang dll.

Bebek2 ini mulai mendapatkan asupan gizi dari sisa2 lahan pertanian, krn lahan pertanian berlimpah dan manusia blum sebanyak sekarang, maka bebek2 itu bisa beranak pinak berkembang, pd saat zaman itu bebek msih punya sifat mengeram. Produksi telur kulit hijau (kalau alabio biru) murni, menjadi santapan menarik bagi manusia.

Sejak saat itulah sudah mulai dikenal tentang kepemilikan bebek, bebek punya siapa siapa, kavling wilayah dll. Tpi pada tahun 50-60an bebek masih mencari pakan sendiri, pagi dilepas sore dimasukan kedalam kavling kepemilikan.

Inilah sebetulx cikal bakal yg disebut : BEBEK DIANGON. Tpi diangon wktu itu populasi bebek belum bnyak, lahan tempat cari pakan msih berlimpah. Bebek bisa bertelur baik bukan karena angon, tpi karena mendapatkan pakan yg cukup dgn diangon itu. Jdi beda. Bukan krn diangon produksi telur membaik. Tetapi pd saat diangon mendapatkan pakan yg cukup shg produksi telur lbih baik.

Inilah yg disebut masa / cara beternak sistem EKSTENSIF.. bebek dapat pakan dari alam tanpa tambahan dari luar……

Baca Juga: Teknis Management Pemeliharaan Itik / Bebek Petelur Mojosari

Bagaimana dengan diangon zaman sekarang itu masuk cara / sistem SEMI INTENSIF… apakah sistem diangon ini nanti masih bisa bertahan? Walahualam… cuma dengan melihat penduduk dalam pulau jawa yg hampir 140 juta dgn laju pertumbuhan penduduk 3,5% / tahun, dalam kurun waktu 10 tahun lagi penduduk jawa sdh mencapai 190 juta. Dengan pertambahan penduduk mk secara matematis lahan pertanian jga menyusut 3,5% / tahun. Dalam 10 tahun 35% sawah akan berubah jdi bangunan properti.

Baca Juga: WAKTU YG TEPAT PEREMAJAAN BEBEK PETELUR

Jdi kita angon bebek harus kemana / dimana? Mungkin bebek kecilx di jawa, bebek remaja diajak merantau ke kalimantan atau papua, dewasax bertelur dibawa balik ke jawa.

Demikian DOMESTIFIKASI bebek di Indonesia, besuk disambung dengan komersialisasi bebek. Artikel saya buat urut runut biar para anggota ikut memahami proses pencarian ilmu bebek itu perjalananx sulit…

Sekian dulu karena pak guru sudah ngantuk, sekarang sdh jam 23.15 wib.

Salam sukses!
Oemar Bakrie.

* foto mobil Toyota Land Cruisser Turbo VX 4WD (J80) untuk meng’iming2i anda agar pandai usaha bebek & ayam biar bisa beli mobil itu, yg second thn 2001 harga msih 280 juta. Saya pingin… anda pingin? Mari berjuang.

Toyota Land Cruisser Turbo VX 4WD (J80)

Toyota Land Cruisser Turbo VX 4WD (J80)

Judul Artikel 4 : Domestikasi & Komersialisasi Usaha Bebek – Tentang Road Map (Peta Jalan) Dunia Perbebekan
Nama Penulis
Tanggal Publish
Kategori Bebek, Ir. Ardi Wisuku As, KPBP2SI, Peluang Usaha, Serba Serbi

Komentar:

DMCA.com SEMUA PENGUNAAN IMAGES / GAMBAR / CONTENT DI HALAMAN INI / HALAMAN TERKAIT, HARUS MENDAPATKAN IJIN DARI CV. KUDA HITAM PERKASA
Jika Anda menyukai Artikel di website ini, Silahkan berlangganan gratis via email dengan cara klik pada LINK INI "Berlanganan Artikel Terbaru", dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di website Cv Kuda Hitam Perkasa





Klik Untuk Hubungi Kami
Melalui Email

Klik Untuk Hubungi Kami
Secara Online

VAKSIN FLU BURUNG KHUSUS ITIK / BEBEK & UNGGAS AIR
VAKSIN FLU BURUNG KHUSUS ITIK / BEBEK & UNGGAS AIR
Untuk REKANAN

Untuk para Rekanan Proyek / Pemerintah / Dinas, silahkan anda membaca artikel berikut ini: CV Kuda Hitam Perkasa – Partner para REKANAN PROYEK PEMERINTAH

Bila diperlukan, Cv. Kuda Hitam Perkasa, dapat mengirimkan dokument pelengkap (SIUP, NPWP, TDk, Jaminan Supply)

Contact Person
Nama:    Ir. Ardi Wisuku As
No HP:    081-2340-4288 /
  081-3593-84413
No Tlp:    (0354) 681781
Alamat:    JL. IR.H. SOETAMI NO 22,
  KEDIRI, 64124,
  Jawa Timur, INDONESIA
Email:    Klik Utk Kirim Email
Klik Untuk Hubungi Kami
Secara Online
Protector